SITE STATUS
Jumlah Member :
253.406 member
user online :
3211 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Sikat Gigi Yuk, Nak...

(Posted:2012-08-02 11:30:07)

 Mengajak anak untuk menyikat giginya memang susah-susah gampang. Sebagai orangtua, kita memiliki peranan penting untuk mengajarinya menyikat gigi sedini mungkin. Dengan begitu si kecil akan terbiasa merawat giginya hingga dewasa nanti.

Pertumbuhan gigi si kecil
 
Normalnya, gigi susu atau gigi yang pertama kali akan muncul adalah 2 gigi seri bagian bawah pada umur 6 sampai 10 bulan. Selanjutnya diikuti dengan tumbuhnya 2 gigi seri tengah pada rahang bawah pada umur 8 sampai 12 bulan. Kemudian  pada umur 9 sampai 13 bulan akan tumbuh 2 gigi seri samping pada rahang atas. 
 
Di usia 2 tahun atau 24 bulan pertumbuhan gigi  susu akan lengkap  berjumlah 20 buah, yakni 10 buah pada rahang atas dan 10 buah pada rahang bawah. Menginjak usia 6-7 tahun, gigi susu si kecil akan mulai tanggal satu per satu dan berganti dengan gigi permanen. 
 
Mengajari si kecil menyikat gigi
 
Untuk membiasakan si kecil merawat gigi, Bunda bisa membersihkan mulut si kecil setiap habis makan dengan cara berikut ini:
-    Balutlah jari telunjuk Bunda dengan kain kassa atau handuk
-    Celupkan jari Bunda yang sudah terlilit kain ke dalam air hangat
-    Gosokkan ke seluruh mulut dan permukaan lidah si kecil.
 
Dengan langkah-langkah tersebut si kecil akan terbiasa dengan kondisi mulut dan gigi yang bersih. Saat usia si kecil lebih dari setahun, Bunda bisa mulai mengajarinya menyikat gigi. Pilihlah sikat gigi khusus anak yang lembut dan jangan berikan pasta gigi terlebih dahulu, Gunakanlah air putih yang sudah masak untuk mencegah resiko bila si kecil menelan air pada saat kumur. Untuk menarik perhatian si kecil agar mau menyikat gigi, Bunda bisa pilih sikat gigi dengan warna-warna menarik tanpa mengabaikan standard kualitas sikat gigi tersebut. Di usia 2 tahun, Bunda bisa memberikannya pasta gigi, namun jangan terlalu banyak. 
 

berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman