SITE STATUS
Jumlah Member :
253.407 member
user online :
3025 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Mitos dan Fakta Kesehatan Anak

(Posted:2013-11-13 13:45:26)

Apakah bunda mengetahui bahwa tanggal 12 November adalah hari Kesehatan Nasional? Dalam rangka memperingati hari Kesehatan Nasional, Infobunda ingin berbagi informasi mengenai mitos dan fakta tentang kesehatan. Apa saja mitos yang beredar dan membuat bunda lebih banyak mempercayainya? Berikut adalah mitos dan fakta yang beredar :



Apakah bunda mengetahui bahwa tanggal 12 November adalah hari Kesehatan Nasional? Dalam rangka memperingati hari Kesehatan Nasional, Infobunda ingin berbagi informasi mengenai mitos dan fakta tentang kesehatan. Apa saja mitos yang beredar dan membuat bunda lebih banyak mempercayainya? Berikut adalah mitos dan fakta yang beredar :

1. Tidak Boleh Mandi Saat Cacar. Faktanya, menurut dunia kesehatan, sangat penting bagi penderita penyakit kulit seperti cacar atau campak untuk menjaga kebersihan kulitnya sehingga mencegah penyebaran penyakit.

2. Kopi Bisa Mengatasi Kejang pada bayi. Faktanya, sebaiknya saat bayi mengalami kejang jangan memasukkan apapun, sebab akan mengakibatkan bayi tersedak dan sulit bernafas. Pemberian kopi pada bayi tidak memberikan manfaat apapun karena kandungan kafein yang terdapat pada kopi bisa menyebabkan asam lambung meningkat, anak gelisah bahkan hiperaktif.

3. Baby Walker Bantu Bayi Lebih Cepat Jalan. Faktanya, menurut beberapa penelitian, baby walker justru memperlambat bayi untuk berjalan dengan kemampuan sendiri. Selain itu, penggunaan baby walker tidak dianjurkan karena bisa membahayakan keselamatan bayi jika tidak dalam pengawasan.

4. Tidak Boleh Mandi Saat Demam. Faktanya, dengan mandi ketika demam dapat menurunkan suhu tubuh yang sedang meningkat. Tetapi,  jika demam disertai rasa menggigil, mandi dengan air hangat akan lebih baik atau kompres menggunakan air hangat.

5. Tumbuh gigi disertai demam. Pada beberapa anak terkadang didapatkan demam dengan derajat rendah (<38 °C) saat sedang tumbuh gigi, terutama apabila gusi sedang bengkak. Faktanya, tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa anak tumbuh gigi selalu demam. Kejadian demam yang bersamaan dengan kejadian tumbuh gigi harus dicari penyebab lainnya, apalagi bila suhunya >38,5 °C.

6. Anak tidak nafsu makan, beri vitamin saja. Faktanya padahal banyak faktor yang menyebabkan anak tidak nafsu makan. Anak yang sulit makan atau picky eater, mungkin saja akan kekurangan vitamin tertentu karena asupan makanannya terbatas. Nah kekurangan inilah yang diisi dengan suplemen vitamin. Tapi jangan menganggap vitamin sebagai jawaban dari semua kasus susah makan. Sebaiknya perbanyak konsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin daripada mengkonsumsi vitamin atau suplemen.

7. Gurita Bisa Mencegah Bayi Kembung. Faktanya, penggunaan gurita bisa membahayakan bayi karena dapat mengganggu proses pernafasannya. Sebaiknya balurkan minyak telon pada perut bayi untuk mengatasi kembung dan sebaiknya biasakan menyendawakan bayi setelah menyusui juga bisa mencegah kembung pada bayi.

8. Diare Tanda Bayi Tambah Pintar. Faktanya, bayi memang rentan mengalami diare yang disebabkan oleh rotavirus. Diare pada bayi juga bisa disebabkan oleh bakteri, alergi susu atau keracunan makan bagi bayi yang sudah mengonsumsi makanan pendamping ASI. Waspadai bila bayi terkena diare agar tidak mengalami dehidrasi. Pantau terus frekuensi BAB bayi dan sebaiknya bunda memberikan ASI lebih sering untuk mencegah bayi kekurangan cairan.

9. Bayi Lelaki Lebih Lambat Berjalan dan Berbicara. Faktanya, tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa bayi lelaki lebih lambat berjalan dan bicara dibandingkan bayi perempuan. Sebab, bayi akan mulai belajar berjalan sejak usia 10 bulan dan siap berjalan sendiri di usia 12 bulan. Tetapi ada juga bayi yang mulai berjalan di usia 9 bulan. Kebanyakan bayi diusia 15-18 bulan yang belum bisa berjalan sendiri, mengalami gangguan motorik kasar dan keseimbangan. Perhatikan perkembangan motorik kasar dan gangguan sensoris yang sering kali menjadi penyebab si kecil terlambat berjalan. 

10. Pakaian hangat akan mengurangi demam
Faktanya, pakaian hangat meningkatkan suhu tubuh. Baju yang tebal justru membuat suhu tubuh tertahan. Akibatnya, panas anak Anda lebih sulit turun dibandingkan bila ia menggunakan pakaian tipis atau terbuka


berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman