SITE STATUS
Jumlah Member :
253.407 member
user online :
2357 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Langkah Awal Jika Anak tersedak

(Posted:2016-09-07 09:29:15)

Keluarga komedian Komeng baru saja berduka atas meninggalnya putri tercintanya Nur Cantika Aldi atau yang akrab disapa Caca. Caca yang baru berusia 10 tahun meninggal dunia Sabtu malam (27/8). Sampai saat ini belum ada penyebab pasti meninggalnya caca, menurut Komeng ketika di wawancara media televisi Caca terlihat batuk dan tersedak sebelum akhirnya keadaan menjadi gawat dan tidak tertolong.



Apakah Tersedak bisa membahayakan jiwa? Tersedak bisa terjadi pada siapa saja, namun yang sering mengalami tersedak adalah bayi sampai anak usia 3 tahun. Tersedak merupakan kondisi yang berbahaya, terutama pada anak-anak karena bisa berakhir pada kematian. Tersedak tidak dapat dihindari karena sistem mekanik pada anak belum sempurna. Untuk menghindari akibat berbahaya dari tersedak, orang tua atau pengasuh harus mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan ketika si anak tersedak.

Menurut dokter spesialis anak dr. Budi Santoso Adji, penanganan pertama jika bayi tersedak adalah sebagai berikut :

1. Memeriksa mulut si anak apakah ada makanan atau benda asing lainnya di dalam mulutnya.

2. Saat si kecil batuk akibat tersedak, jangan beri air minum. Beri minum setelah anak bisa bernafas secara teratur.

3. Apabila langkah tersebut tidak berhasil, lakukan dengan metode Manuver Heimlich untuk mengeluarkan benda asing yang menyumbat saluran pernafasan tanpa intervensi alat apa pun dari luar.

a. Bila anak usia dibawah 6 bulan, tengkurapkan diatas lengan orang dewasa, lalu tepuk pungungnya diantara dua tulang belikat secara lembut sebanyak lima kali.

b. Bila anak sudah diatas enam bulan, dudukkan di paha orang dewasa dengan posisi agak membungkuk. Kemudian tepuk pungungnya.

c. Jika benda yang membuat tersedak tidak juga keluar, sangga kepala bayi dan ubah posisinya menjadi telentang di atas paha. Jaga kepala bayi lebih rendah dari tubuhnya. Berikan 5 kali tekanan dengan cepat pada tulang dada di bawah puting bayi menggunakan 2 - 3 jari.

d. Bila anak usianya diatas satu tahun. Posisi penolong dibelakang anak, lingkarkan kedua lengan mengelilingi badan anak. Satukan kedua tangan dengan salah satu tangan mengepal, letakkan pada perut bagian atas dibawah tulang sternum anak, lakukan hentakan kearah belakang atas, lakukan manuver tersebut sebanyak lima kali.

Apabila pertolongan pertama tidak berhasil, segera bawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapat pertolongan. 


berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman