SITE STATUS
Jumlah Member :
253.413 member
user online :
2502 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Tips dan Trik mengatasi anak susah makan



Blog posted by

Tips dan Trik mengatasi anak susah makan


Blog posted on 16-07-2012

   Aisya Adiba, my first baby. Menyenangkan dan banyak experience selama aku bersamanya. karena aku bersamanya 24 jam non stop sejak dia dalam kandungan hingga sekarang berusia 1th.  Aisya panggilannya. dia baby yang murah senyum. setiap orang yang menyapanya, akan dia balas dengan senyuman yang indah. sampe-sampe orang satu kampung yang sebelumnya tidak mengenal kami, setelah lahirnya aisya, kami jadi ikutan terkenal. sungguh membanggakan. Saat yang paling Aisya sukai adalah saat saat dimana dia sedang duduk dikursi kesayangannya sambil nonton VCD lagu baby. Aisya akan langsung tersenyum jika CD kesukaannya diputar.



   Pertumbuhannya alhamdulillah normal, BB nya sesuai dengan garis normal dari KMS. karna sejak hamil saya selalu memberikan nutrisi lengkap untuk aisya. Saya memberikan ASI EKSKLUSIF untuk Aisya. karena asi adalah makanan yang cocok bagi bayi usia<6bln.

Selama 6bln, saya menikmati saat-saat menyusui Aisya. sungguh membanggakan bisa memberikan ASI Eklusif kepada anak saya. Saya selalu menjaga asupan nutrisi saya, agar Asi yang saya keluarkan adalah Asi yang berkualitas untuk Aisya. itu semua demi menjaga asupan nutrisi Aisya, dan untuk sistem kekebalan aisya.



    Setelah umur Aisya 6bulan lewat. saya mulai memperkenalkan MPASI (makanan pendamping ASI). awalnya hanya buah, itupun masih sedikit-sedikit, minggu ke 2 saya perkenalkan sereal (beras merah/kacang hijau) yang diblender/disaring. dan akhirnya saya mulai mencampurnya dengan ikan, buah dan sayur. pelan tapi pasti. Disesuaikan dengan angka kecukupan gizi pada bayi seusia aisya. Awalnya semua berjalan baik-baik saja. Aisya makan dengan lahap. BB nya stabil dan terus bertambah. tanpa masalah. Namun, akhirnya saya menemukan masalah. diusia 8bulan. Aisya, menjadi anak susah makan. saya dan suami pun bingung. setiap dia akan menelan makanan dia menangis, menangkis dengan tangannya, bahkan memalingkan mukanya.



    Setiap berganti menu, aisya menunjukan ketidaksukaannya. saya tidak mau menyerah begitu saja. saya harus berpikir kreatif agar Aisya maw menyantap makanannya, agar nutrisi nya lengkap. ada yang menyarankan diberikan vitamin penambah nafsu makan, dan menambahkan keju dalam makanannya. tapi suami saya keberatan dengan saran tersebut, karna aisya masih <1th, suami khawatir memberatkan ginjalnya.


Dan berbagai cara saya lakukan untuk mengatasi anak yang susah makan, yaitu dengan membuat suasana makan yang menyenangkan, seperti :

1. memberikan apa yang dia suka, seperti makan sambil mendengarkan CD kesukaan aisya, nonton tv kartun. Tpi ingat ya bunda, acara yang mendidik anak.


2. Mengajak bermain saat makan. Bunda siapkan maianan yang baby suka, yang warna-warni, bergambar dan berbunyi. Ciptakan suasana yang menyenangkan. Bisa juga sambil bernyanyi.


3. dengan cara menngendong baby. Ini cara tradisional. Jadi bunda menngendong baby sembari menyuapinya. Bila perlu diajak jalan-jalan. Atau bisa juga menggunakan kreta dorong.


4. Jangan memaksa anak untuk makan dalam porsi yang besar. Tidak perlu berlebihan. Yang penting memenuhi angka Kecukupan gizi anak bunda. Ingat ya prinsip Piramida Makanan. Dalam satu porsi makan harus terpenuhi kandungan karbohidrat, protein dan vitamin.


5. Jangan biarkan anak bunda pilih-pilih makanan. Padahal itu bergizi. Biasanya orang tua cendderung menuruti keinginan anaknya. Tapi itu jangan dilanjutkan ya. Justru kita yang harus membiasakannnya. Bisa dikreasi dlm bentuk yang berbeda-beda. Atau dicampur dengan bahan lain. Biar tidak membosankan.


6. berganti-ganti menu itu penting. Agar anak tidak bosan.bunda berkreasilah dalam menyiapkan menu untuk anak. Tidak setiap hari kok. Apalagi bagi baby yang masih mengenal rasa. Pengalaman saya terhadap Aisya, saya mengganti menunya tiap 3 hari sekali. Agar dia terbiasa.


7. berikan vitamin penambah nafsu makan, ataw untuk baby yang masih mengenal rasa, bisa juga ditambahkan keju dalam makanannya. Tapi, saya menyarankan jika anak bunda sudah berusia 1th ya. Untuk mengurangi efek terhadap ginjalnya.


8. yang terakhir adalah telaten dan sabar. Tidak semua baby menghabiskan makanannya dalam waktu yang singkat. Bisa sampe 1 bahkan 2 jam, karna rewel. Bunda harus sabar. Takarlah porsi sesuai kebutuhan anak bunda, tidak terlalu banyak tidak juga terlalu sedikit. Yang penting bernutrisi lengkap. Lalu pastikan baby mampu menghabiskannya. Tpi jika ada tanda-tanda baby kekenyangan. Sebaiknya di beri jeda atau bila perlu dihentikan, dari pada si baby memuntahkan makanannya karena kekenyangan.


Nah bunda, sekian dulu ya "tips dan trik mengatasi anak susah makan" dari saya, setidaknya ini sudah saya buktikan kepada anak saya AISYA ADIBA. Alhamdulillah berhasil.  semoga membawa manfaat bagi bunda dan baby.





www.meadjohnson.co.id




Ditampilkan sebanyak : 1271

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman
 
mama aisya's blog :