SITE STATUS
Jumlah Member :
253.413 member
user online :
4007 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- 10 Daftar Sayuran Yang Baik Untuk Ibu Menyusui



Blog posted by

10 Daftar Sayuran Yang Baik Untuk Ibu Menyusui


Blog posted on 21-02-2020

Sayuran Yang Baik Untuk Ibu Menyusui – Segala makanan yang masuk ke dalam tubuh seorang ibu yang sedang menyusui memang akan menjadi perhatian dibandingkan sebelumnya. Mengapa?



Karena bunda sebagai ibu ingin memberikan nutrisi terbaik bagi bayi bunda yang belum mendapatkan nutrisi lain selain dari ASI. Karena banyaknya makanan sehat yang tersedia, tentu saja bunda tidak akan merasa bingung dalam menentukan makanan apa yang sebaiknya bunda konsumsi hari ini.



Salah satu makanan yang tidak boleh bunda lewatkan adalah sayuran. Sayuran untuk ibu menyusui memang sangat penting.





Karena menjadi salah satu sumber nutrisi yang paling mudah untuk ditemukan.



Lalu, apa saja Sayuran untuk ibu menyusui yang sebaiknya bunda konsumsi setiap harinya?



Sebenarnya, hampir seluruh jenis sayuran baik untuk bunda konsumsi ketika menyusui.



Supaya lebih jelas, berikut beberapa sayuran untuk ibu menyusui yang sebaiknya sering-sering bunda konsumsi :




  1. Daun Katuk, Tentu saja sayuran untuk ibu menyusui yang pertama adalah daun katuk. Mengapa?Karena daun katuk ini sudah terbukti dari jaman dahulu dapat meningkatkan produksi ASI anda.Rasa dari daun katuk juga sangat khas, namun tidak jarang orang yang tidak menyukainya. Tetapi demi kelancaran dari ASI anda, diharapkan anda bisa sering-sering memakan daun katuk.

  2. Sayur Bayam, Sayur berikutnya yang tidak boleh anda lewatkan adalah sayur bayam. Tidak hanya memiliki beberapa vitamin, namun sayur bayam juga mengandung kalsium yang secara tidak langsung dapat menggantikan peran dari susu.Sayuran untuk ibu menyusui ini tentu saja harus sering anda konsumsi, namun jangan sekali-kali memanaskan sayur bayam karena tidak baik.

  3. Sayur Kangkung, Kandungan dari sayur kangkung sebenarnya tidak berbeda jauh dari sayur bayam.Sayuran untuk ibu menyusui kali ini juga tidak akan sulit untuk anda dapatkan. Bahkan jika anda sedikit kreatif, anda bisa menanamnya sendiri di rumah anda dengan menggunakan teknik menanam hidroponik.

  4. Sayur Brokoli, Pada dasarnya, semua sayuran yang berwarna hijau menjadi Sayuran untuk ibu menyusui yang sangat baik.Brokoli juga mengandung zat besi yang dibutuhkan untuk tubuh dan juga bayi anda.selain itu, beberapa kandungan lainnya juga akan membantu menajamkan daya ingat anda.

  5. Wortel, Siapa yang meragukan kandungan dari wortel?Wortel menjadi bagian dari Sayuran untuk ibu menyusui yang wajib anda konsumsi.Wortel sangat baik untuk menjaga ketajaman dari mata anda, dan tentu saja juga akan berpengaruh pada bayi anda. Karena rasanya juga lezat, wortel bisa anda jadikan sebagai berbagai macam olahan.

  6. Selada, Selada merupakan sayuran yang rendah kalori dan air. Oleh karena itu, selada termasuk sayuran yang sangat direkomondasikan oleh para ahli dan dokter untuk bunda konsumsi serta dapat menyeimbangkan diet selama ibu menyusui. Sayuran ini juga mengandung kalsium, magnesium, fosfor, zinc, natrium, dan zat besi. Ada juga vitamin didalamnya berupa vitamin A, B6, C, E dan K.

  7. Tomat, Selain termasuk golongan dari sayuran, Jenis sayauran ini bisa juga dikategorikan buah-buahan. Selain enak untuk di jus, jenis sayuran ini sangat familiar di lidah orang-orang pada umumnya. Tomat untuk ibu hamil sangat bermanfaat di karenakan tomat memiliki kadar air 95% dan mengandung vitamin A,C, dan Asam Folat. Selain itu tomat mengandung Antioksidan yang sangat bermanfaat untuk ibu menyusui.

  8. Paprika, Jenis sayuran ini juga banyak mengandung air, sangat bagus untuk ibu menyusui. Menurut penelitian paprika hijau mengandung 93,9% air dan rendah akan kalori di sertai juga sumber dari vitamin A dan C , ada juga Asam folat, kalium dan serat untuk memperlancar pencernaan.

  9. Okra, Nah untuk sayur ini mungkin jarang untuk bunda masak. Akan tetapi sayauran ini sangat bermanfaat untuk ibu menyusui, terdapat kandungan vitamin di dalamnya seperti vitamin A, B, C, E, tiamin, niasin dan folat. Sayauran ini juga memiliki kandungan minreal yang sangat baik untuk kesehatan ibu menyusui seperti kalium, fosfor, magnesium, zinc dan besi. Oia bun, untuk memasak jangan lupa untuk membersihkan lendirnya, dengan cara merendam sayur okra kedalam cuka selama 30 menit lalu di bilas dan di tepuk tepukkan sampai kering lalu di masak.

  10. Biji Labu, Sayuran ini sering kita jumpai dipasar. Biji labu bisa juga di jadikan favorit untuk ibu menyusui di karenakan biji labu ini banyak mengandung protein yang baik untuk kesehatan ibu menyusui.



Siapa yang meragukan kandungan dari wortel?Wortel menjadi bagian dari Sayuran untuk ibu menyusui yang wajib anda konsumsi.Wortel sangat baik untuk menjaga ketajaman dari mata anda, dan tentu saja juga akan berpengaruh pada bayi anda. Karena rasanya juga lezat, wortel bisa anda jadikan sebagai berbagai macam olahan.



Itulah beberapa sayuran untuk ibu menyusui yang sebaiknya anda konsumsi. Yang tidak kalah penting adalah anda harus mengolahnya dengan benar, mulai dari lamanya memasak dan kebersihannya. Jika anda mengolahnya dengan tepat, maka nutrisi yang bisa anda rasakan juga akan lebih optimal. Semoga bermanfaat.



Sumber : ibundahamil.com





Ditampilkan sebanyak : 572

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman
 
yunita16's blog :