SITE STATUS
Jumlah Member :
253.409 member
user online :
1486 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Games dan Dampaknya bagi si Kecil

(Posted:2012-04-04 15:39:12)

Saat ini games seperti Nintendo, Playstation, Gameboy dan lainnya sudah menjadi barang yang akrab dimainkan si kecil. Banyak orangtua yang mebelikan permainan elektronik tersebut karena sudah menjadi tren di kalangan anak saat ini. Pada dasarnya permainan elektronik seperti ini tidaklah berbahaya bila dimainkan secara proporsional, bahkan dapat memberikan sejumlah manfaat untuk mendukung proses tumbuh kembang si kecil.

Dampak games untuk si kecil tidak selamanya buruk, Dengan pemilihan dan pengawasan yang tepat selama si kecil bermain games tersebut dapat menghindarkan si kecil dari efek buruk bermain games. Apa saja yang harus Bunda perhatikan?

Monitor waktu
Buatlah perjanjian dengan si kecil mengenai aturan waktu main games. Misalnya ia hanya diizinkan bermain games dalam durasi 1 jam di akhir pekan. Bila perlu pasang pengatur waktu dan jangan biarkan ia bermain diluar waktu yang telah disepakati, apapun alasannya.

Kontrol aksesnya
Simpanlah perangkat games si kecil pada tempat yang aman, misalnya lemari yang terkunci. Atau bila ia bermain di computer atau laptop Bunda, pastikan agar tidak terdapat shortcut di layar utama.

Sesuai Kemampuan
Pilihlah games yang sesuai dengan usia dan kemampuannya. Ada beberapa games yang memiliki tingkatan permainan sehingga ia dapat menguasai permainan secara bertahap.

Tidak menampilkan kekerasan
Sebelum memberikan games kepada si kecil, cobalah terlebih dahulu sebelum si kecil memainkannya. Bila pada games tersebut terdapat muatan kekerasan baik tindakan atau perkataan, jagan biarkan si kecil memainkan permainan tersebut.

 

berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman