SITE STATUS
Jumlah Member :
253.409 member
user online :
1948 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Kenali si Virus CMV

(Posted:2012-12-12 16:49:47)

Pada tanggal 4 Desember 2012 yang lalu, kita telah mendengar bahwa salah satu pemain terbaik Persis Solo, Diego Mendieta telah meninggal dunia di usia 32 tahun. Ternyata Diego juga dinyatakan terinfeksi oleh virus Cytomegalovirus
 


Virus Cytomegalovirus atau  CMV adalah virus yang dapat menginfeksi semua orang dari segala usia. Pada umumnya virus ini tidaklah menunjukan gejala yang sangat berarti, hanya menimbulkan gejala ringan saja, seperti demam, sakit tenggorokan dan kelelahan. Oleh sebab itu, bagi anak-anak atau orang dewasa yang terkena virus ini tidaklah menyadarinya. 
 
Pada wanita yang sedang hamil virus CMV dapat berdampak kepada janin yang sedang dikandungnya. Gejala yang ditimbulkan dapat berupa kulit berwarna kuning, pembesaran hati dan limpa, kerusakan atau hambatan pembentukan organ tubuh seperti mata, otak, gangguan mental, dan lain-lain tergantung organ janin mana yang diserang. Secara Umum, janin yang terinfeksi CMV lahir dengan memiliki berat badan rendah, juga dapat menyebabkan kelahiran prematur.
 
Cara penularan infeksi CMV 
  • Ibu Hamil kepada bayi yang sedang dikandungnya.
    Sepertiga dari ibu hamil yang terinfeksi CMV sebelum dan selama kehamilan dapat menularkan CMV kepada bayinya melalui plasenta. Adapun kelainan yang disebabkan infeksi CMV adalah cacat mental, tuli, buta, gangguan pertumbuhan, hepatomegali (hati membesar), splenomegali (limpa membesar), gangguan perdarahan. Di Amerika Serikat, hampir setiap tahunnya terjadi sekitar 1 dari 750 anak dilahirkan dengan kecacatan sebagai akibat dari infeksi CMV
     
  • Di tempat penitipan anak.
    Infeksi CMV juga dapat terjadi di tempat penitipan anak. Karena anak usia 1 – 2,5 tahun yang menderita CMV dapat menjadi penular meskipun dirinya sendiri tidak menderita penyakit berbahaya. Sehingga Ibu yang sedang hamil dan memiliki anak kecil lain yang berada di penitipan, harus menjaga diri sendiri dari penularan infeksi CMV dengan cara menjaga kebersihan seperti mencuci tangan setelah menyentuh anak anak. 
     
  • Melalui kontak personal
    Seperti berciuman, kontak seksual, percikan air liur, kencing yang tersentuh tangan, mata atau bagian dalam hidung atau mulut. 
     
  • Melalui transfusi darah dan transplantasi organ
 
Pemeriksaan CMV
Bagaimana cara kita mengetahui, apakah kita atau bayi yang sedang dikandung terkena CMV atau tidak ?, yakni dengan melakukan tes darah dan kencing. Sedangkan bagi wanita hamil adalah dengan cara melakukan pemeriksaan yang lebih invasif yaitu amniosentesis. 
 
Pengobatan CMV
Pengobatan yang paling sering digunakan dalam medis konvensional untuk infeksi CMV adalah Ganciclovir. 
 
Cara pencegahan dari terinfeksi CMV  
  • Mencuci tangan dengan sabun dan air, terutama setelah kontak dengan air liur atau popok anak-anak. Cuci tangan dengan baik selama 15 sampai 20 detik.
  • Jangan mencium anak-anak di bawah usia 6 tahun pada mulut atau pipi. Sebaliknya, cium mereka di kepala atau berikan pelukan saja. 
  • Jangan berbagi makanan, minuman, atau sendok dan garpu dengan anak-anak 

berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman