SITE STATUS
Jumlah Member :
253.408 member
user online :
2561 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Menghindari Narkoba Sejak Dini Dengan Pelukan

(Posted:2013-02-20 15:16:11)

Ahad dinihari, 27 Januari 2013, sekitar pukul 4.00, Badan Narkotika Nasional (BNN) menggerebek salah satu rumah artis muda terkenal, Raffi Ahmad, menambah angka pengguna narkoba di kalangan artis Indonesia.

Tidak hanya artis saja yang kedapatan mengunakan narkoba, di kalangan pelajar pun banyak kasus mengenai penyalahgunaan narkoba, bahkan jumlahnya semakin meningkat.

Kebanyakan kasus pelajar yang menyalahgunakan narkoba berawal dari ditawari teman, dipaksa atau mendapatkan tekanan dari teman, atau mereka sengaja menggunakannya untuk melupakan atau menghindari konflik yang sedang mereka alami baik dalam keluarga maupun pergaulan. Dalam hal ini keluarga merupakan peran yang sangat penting dalam upaya menghindari penyalahgunaan narkoba pada usia remaja
.

ara peneliti menemukan bahwa pelukan dari orang tua kepada anak, dapat menimbulkan ikatan batin dan kasih sayang yang kuat antara anak dan orang tua. Pelukan saat inisiasi dini, sesaat bayi baru lahir, akan mengirimkan sejenis mikroorganisme yang membuat daya tahan tubuh bayi semakin kuat.  Bila pelukan tersebut dilakukan sampai masa kanak-kanak, menyebabkan pribadi anak yang tidak gampang stress, demikian menurut laporan peneliti dalam jurnal
Epidemiology and Community Health. Secara psikologis, anak yang sering mendapatkan belaian, sentuhan, dan pelukan kasih sayang dari orang tuanya, akan tumbuh menjadi anak yang penyayang, pertumbuhannya sehat, akan merasa nyaman dan memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi.

Menurut penelitian dari Duke University dan University of Adelaide di Australia, menyatakan bahwa pelukan seorang ibu di masa kecil dapat mengubah otak anak jadi kebal terhadap efek zat terlarang yang bisa membuat kecanduan. Pelukan dan sentuhan fisik yang lembut dengan penuh kasih sayang seorang ibu bisa memicu perubahan kimiawi di otak berupa peningkatan kadar Interleukin 10, yaitu sejenis molekul di otak yang menghambat efek berbagai jenis narkoba.

Oleh karenanya, sebelum berangkat kerja ada baiknya berikan pelukan terhangat pada anak bunda, peluklah dengan tulus, berikan rasa sayang dan cinta bunda pada sang buah hati. Setelah pulang kerja, meskipun si kecil sudah tertidursempatkanlah bunda menyium atau memeluk si kecil, karena meskipun si kecil sudah terlelap tidur, tapi si kecil masih bisa menerima rangsangan dan getaran dari perasaan cinta dari orang tuanya.


 

 


berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman