SITE STATUS
Jumlah Member :
253.408 member
user online :
1338 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Mengurangi Resiko Diabetes dengan ASI Eksklusif

(Posted:2013-05-29 16:53:43)

Makanan ideal bagi bayi adalah ASI. Banyak orang sudah tahu hal itu. ASI eksklusif usai melahirkan diakui bisa menjadi cara mudah membuang kelebihan lemak semasa hamil. Ternyata ada keuntungan lain, yaitu menekan risiko diabetes dan sederet manfaat kesehatan lainnya, baik bagi ibu maupun bayi.

Tidak hanya untuk si bayi, bahkan sang ibu yang menyusui anaknya juga mendapatkan keuntungan lebih, jika melakukan hal tersebut. Penelitian terbaru menunjukkan, ibu yang menyusui selama satu bulan atau lebih akan mengurangi risiko terkena penyakit diabetes di kemudian hari.

Menurut peneliti studi tersebut, Eleanor Bimla Schwarz MD, seorang asisten profesor bidang kedokteran di University of Pittsburgh School of Medicine, Amerika Serikat, memang hubungan antara pemberian ASI dan risiko diabetes telah dibahas dalam penelitian sebelumnya. Namun, studi terbaru ini menguatkan hal tersebut. ”Ibu yang pernah menyusui jauh lebih rendah risikonya untuk terserang diabetes. Sementara ibu yang tidak pernah menyusui anaknya memiliki hampir dua kali lipat risiko terkena diabetes” kata Schwarz 

Menurut dr. Dyah Purnamasari, SpPD Staf Divisi Metabolik Endrokrinologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, ASI ekslusif dapat mencegah risiko diabetes yang diturunkan orangtua ke anaknya.

Dengan menyusui, ibu hamil penderita diabetes tidak perlu berusaha ekstra untuk diet karena berat tubuhnya akan turun dengan cepat dan hebatnya lagi, ASI eksklusif juga akan menurunkan risiko diabetes bagi bayi. ASI ekslusif sangat membantu bayi dan ibu, ungkap dr. Dyah.


berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman