SITE STATUS
Jumlah Member :
253.407 member
user online :
1899 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Apa Penyakit Demam Berdarah itu?

(Posted:2014-04-23 14:19:19)

Demam Berdarah  Dengue (DBD) adalah penyakit tropis  yang disebabkan oleh virus dengue yang di bawa oleh nyamuk. Virus dengue terdiri dari empat jenis, yakni dengue tipe 1, 2, 3 dan 4. Namun tipe yang dominan di Indonesia adalah tipe 3.



Virus dengue menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kapiler dan sistem pembekuan darah sehingga mengakibatkan perdarahan, dapat menimbulkan kematian. Demam berdarah biasanya terjadi pada saat udara panas di musim hujan dan paling sering terjadi di kota-kota, di tempat-tempat air tergenang, dan di tempat yang saluran pembuangan airnya buruk. Terutama di Negara yang beriklim tropis seperti Negara kita ini.

DBD disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus berkelamin betina. Nyamuk Aedes aegypti berwarna hitam dan belang- belang ( loreng) putih pada seluruh tubuh berkembangbiak di tempat penampungan air ( TPA) dan barang-barang yang memungkinkan air tergenang seperti: Bak mandi, tempayan, drum, vas bunga, ban bekas, dll. Nyamuk Aedes Aegypti tidak dapat berkembang biak di selokan /got atau kolam yang airnya langsung berhubungan dengan tanah. Biasanya menggigit manusia pada pagi atau sore hari.

Terdapat tiga faktor penularan infeksi virus dengue : manusia, virus, dan vektor perantara. Virus dengue ditularkan kepada manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus dengue. Gejala DBD biasanya ditandai dengan demam tinggi secara mendadak, suhu badan sekitar 39-40 derajat celcius, berlangsung selama 2-7 hari. Terdapat bintik-bintik merah pada kulit, ketika kulit di ranggangkan bintik merah tersebut akan hilang. Sakit kepala, pegal dan nyeri pada bagian persendian, mual dan muntah.  Penyakit DBD ini dapat menular ke semua orang, tetapi umumnya menyerang anak-anak usia 4-10 tahun, karena usia tersebut daya tahan tubuhnya belum sekuat orang dewasa.

Pertolongan pertama pada penderita DBD seperti :

1. Berikan minum sebanyak mungkin
2. Kompres agar panasnya turun.
3. Memberikan obat penurun panas.
4. Jika dalam waktu 3 hari demam tidak turun atau malah naik segera bawa ke rumah sakit atau puskesmas.
5. Jika tidak bisa minum atau muntah terus menerus, kondisi bertambah parah, kesadaran menurun atau hilang maka harus dirawat di rumah sakit.

Seseorang yang pernah terkena penyakit DBD, dapat terkena penyakit ini kembali, karena biasanya apabila penderita sudah tidak demam dan sudah menganggap sembuh, sehingga tidak melanjutkan pengobatan lagi, maka kemungkinan virus yang masih ada di tubuh akan berkembangbiak kembali. Jadi, jangan anggap sepele demam berdarah.


berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman