SITE STATUS
Jumlah Member :
253.407 member
user online :
2287 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Ruben Onsu Lakukan Breastfeeding Father

(Posted:2015-06-10 15:47:20)

Siapa yang tak kenal pasangan artis presenter dan mantan penyanyi Girl Band Cherrybelle, Ruben Onsu dan Sarwendah (Wenda) yang telah melahirkan seorang putri cantik yang diberi nama Thalia Putri Onsu.



Thalia dilahirkan pada hari Jumat, 5 juni 2015 di rumah Sakit Bunda Jakarta dengan berat 2,7 kg dan panjang 48 cm.

Semasa kehamilan, Ruben sangat mendukung Wenda dalam hal menjaga pola makan dan merawat istrinya dengan baik, sehingga ketika usai melahirkan, ASI (air susu ibu) dapat mengalir lancar. Selama persalinan, presenter yang akrab disapa Bensu itu tak mau kehilangan momen-momen saat sang buah hati dilahirkan, termasuk ketika Ruben dipersilahkan oleh dokter untuk memotong tali pusar anaknya sampai pada tahapan perkenalan sang buah hati kepada orang tua melalui cara IMD (Inisiasi Menyusui Dini), yakni momen dimana Thalia diletakan di dada sang ayah selayaknya melakukan IMD pada ibu, sehingga kulit bayi bersentuhan dengan kulit ayahnya, hal tersebut biasanya disebut dengan istilah breastfeeding father.

Menurut ketua umum Sentra Laktasi Indonesia, Dr. Utami Roseli, SpA, IBCLC, FABM, pikiran istri yang tenang akan berpengaruh terhadap produksi ASI, disinilah peran suami sebagai ayah ASI atau breastfeeding father. Dengan kata lain breastfeeding father adalah dukungan penuh seorang suami sebagai ayah kepada istrinya agar dapat berhasil dalam proses menyusui sang buah hati. Misalnya, pada masa kehamilan Ayah sering mengusap atau mengajak ngobrol sang janin, mencari informasi tentang kehamilan, dan menemani istri saat periksa kehamilan. Pada saat persalinan dan setelahnya, Bunda membutuhkan dukungan mental dari sang suami, apalagi setelah melahirkan biasanya Bunda mengalami baby blues syndrome, sebagai seorang Ayah, tunjukan sikap positif sebagai dukungan untuk menyukseskan pemberian ASI eksklusif, misalnya dengan sedikit memberikan pijatan pada punggung atau pundak Bunda, menggendong bayi dan menyendawakannya setelah disusui, membantu menggendong saat bayi terbangun tengah malam dan mengantarkannya kepada Bunda untuk diberikan ASI. Hal tersebut dapat membantu Bunda menjadi rileks, sehingga ASI yang keluar banyak.

Manfaat yang didapat dari breastfeeding fathers , salah satunya adalah menguatkan ikatan (bonding) antara ayah dan bayi, juga Bunda. Sehingga aktivitas menyusui ini tidak lagi merupakan hubungan antara ibu dan bayi saja, tetapi juga bagi ayah, ibu, dan bayi.


berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman