SITE STATUS
Jumlah Member :
253.407 member
user online :
1911 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



SIDS dan Upaya Pencegahannya

(Posted:2011-07-20 16:06:57)

Mendengar kata SIDS mungkin Bunda merasa khawatir. Suddent Infant Dead Syndrome (SIDS) adalah kematian tak terduga yang biasa terjadi pada bayi usia 1 hingga 12 bulan dimana hasil otopsi  tidak dapat menyatakan apa penyebab kematiannya.

Sebagian besar kasus SIDS terjadi pada bayi usia 6 bulan dan terjadi pada saat bayi sedang tertidur. Kasus SIDS banyak terjadi pada bayi laki-laki dibanding bayi perempuan. Kelahiran bayi secara prematur dan jarak yang pendek antara dua kelahiran juga menjadi pemicu terjadinya SIDS. Lalu, apa upaya untuk mencegah terjadinya SIDS? 

Berikut ini upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah SIDS:

- Jauhkan bayi dari lingkungan yang terpapar asap rokok.
- Tidurkan bayi dengan posisi telentang, jangan biarkan bayi tidur dengan  posisi
tengkurap dia atas perutnya.
- Jauhkan selimut, boneka-boneka, mainan di sekitar ranjang bayi Anda. Hal tersebut sebagai upaya mencegah si bayi tertindih benda-benda tersebut.
- Pastikan juga kepala bayi Anda tidak tertutup apapun selama tidur, posisikan selimut maupun penutup apapun dari wajah bayi Anda. Untuk itu pakaikan selimut bayi tidak melebihi dada si bayi.
- Berikan ASI padanya karena ASI dapat mengurangi risiko infeksi pernapasan atas yang dapat berpengaruh pada perkembangan SIDS.
- Gunakanlah matras atau kasur yang rata dan tidak terlalu empuk.
- Jangan memberikan madu pada bayi usia dibawah 1 tahun, madu yang diberikan pada usia bayi dapat mengakibatkan keracunan / botulisme pada bayi yang dapat berpengaruh juga pada SIDS.
- Pastikan suhu ruangan bayi tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. 
 
 
 

berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman