SITE STATUS
Jumlah Member :
253.409 member
user online :
3426 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Keringat Berlebih Saat Hamil, Wajarkah?

(Posted:2014-09-03 13:32:00)

Ternyata, rasa panas dan keringat berlebih merupakan suatu hal yang wajar dan biasa terjadi pada ibu hamil. Berkeringat merupakan reaksi tubuh yang berupaya untuk mendinginkan tubuh dengan memberikan hidrasi pada kulit agar terasa dingin. 



Lalu, apa saja penyebab keringat berlebih pada ibu hamil? Berikut penjelasannya.

  • - Terjadi peningkatan aliran darah ke dalam kulit sehingga ibu hamil merasa lebih hangat sehingga kelenjar keringat akan terangsang untuk mendinginkan tubuh.
  • - Meningkatnya hormon progesteron. Hormon ini sendiri memiliki sifat thermogenik, sehingga bisa menyebabkan terjadinya hawa yang panas. Ketika hormon ini meningkat, maka pembuluh darah pada kulit Bunda akan terbuka lebar sehingga membuat Bunda kepanasan dan mengeluarkan keringat berlebih.
  • - Usia kehamilan yang semakin besar, bukan hanya berat badan yang meningkat, tetapi lemak juga meningkat sehingga membuat Bunda merasa lebih panas. Meskipun Bunda menggunakan AC, tubuh Bunda tetap akan merasa kepanasan.

Setiap ibu hamil memiliki keluhan berbeda-beda, sebagian besar ibu hamil merasakan keluhan ini pada akhir trimester kedua dan sepanjang trimester ketiga. Jika terjadi sejak awal kehamilan kemungkinan besar disebabkan oleh berbagai perubahan pada kehamilan. Meski berkeringat saat hamil merupakan hal yang wajar, penting untuk diperhatikan apabila keluhan tersebut disertai gejala lain seperti saat berkeringat frekuensi denyut jantung Bunda mengalami peningkatan hingga lebih dari 90–100 kali per menit. Atau berkeringat disertai dengan berkemih yang berlebihan, yaitu jika Bunda berkemih pada malam hari lebih dari tiga sampai empat kali. Hal ini bisa saja terjadi pada gestational diabetes (diabetes kehamilan) yaitu terjadinya peningkatan kadar gula darah karena kehamilan. Kadar gula yang rendah dalam sel juga menimbulkan rasa lelah yang berlebihan dan disertai dengan keringat yang berlebih. Ibu hamil sebaiknya perbanyak minum air putih untuk mengurangi dehidrasi, dan gunakan pakaian yang longgar dan nyaman serta bisa menyerap keringat. Salah satu bahan pakaian yang bisa Anda gunakan adalah yang terbuat dari katun.


berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman