SITE STATUS
Jumlah Member :
253.406 member
user online :
3936 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Anak dan Gadget

(Posted:2015-03-25 13:34:04)

Siapa yang tak kenal dengan artis cilik Umay Shahab atau yang akrab dipanggil Umay ?
 
Umay yang telah duduk dibangku sekolah dasar kelas 5 ini mengakui lebih suka menghabiskan waktunya untuk bermain PlayStation Portable (PSP) dan iPad dibanding tidur.



Lalu berapa lama sebaiknya seorang anak bisa menikmati permainan virtual dalam sebuah video game?
 
Dr Aric Sigman dalam acara konferensi tahunan Royal College of Paediatrics menuturkan bahwa orangtua harus membatasi anak-anaknya menghabiskan waktu di depan layar. Jika tidak maka anak-anak ini akan memiliki risiko gaya hidup tidak sehat yang terkait dengan diabetes dan penyakit jantung.
 
Sebuah laporan dari parlemen Eropa menemukan video game bisa merangsang belajar anak dan meningkatkan keterampilan seperti pemikiran strategis, kerjasama dan kreativitas. Namun kunci utamanya adalah memastikan waktu bermainnya dikelola dengan baik.
 
Dr Sigman mengungkapkan anak-anak yang berusia di bawah 3 tahun sebaiknya hanya sedikit atau tidak ada waktu untuk menonton televisi setiap hari, anak berusia 3-7 tahun seharusnya boleh menonton televisi tidak lebih dari 90 menit dan remaja hingga 18 tahun hanya boleh maksimal 2 jam setiap hari.
 
"Anak-anak yang dibiasakan memiliki televisi di kamar tidur cenderung tidak atau belum bisa membaca pada usia 6 tahun," ujar Dr Sigman, seperti dikutip dari The Sun, Rabu (23/5/2012).
 
Oleh karena itu, sebelum Bunda memberikan ijin kepada anak untuk bisa memakai gadget, sebaiknya buatlah kesepakatan bersama yang akan dipatuhi. Misal, kesepakatan tentang waktu mengunakan komputer tablet hanya di waktu tertentu, misalnya Sabtu dan Minggu. Tentukan juga berapa lama anak boleh bermain. Saran dari para ahli, sebaiknya Bunda memberikan waktu maksimal selama dua jam untuk anak asyik bermain dengan komputer tabletnya.
 
Mintalah kepada anak untuk memainkan di area yang bisa Bunda awasi. Jangan biarkan anak bermain sendiri, karena bisa memberikan peluang bagi anak untuk menyalahgunakan kemajuan teknologi dengan membuka situs yang bukan untuk konsumsi anak.


berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman