SITE STATUS
Jumlah Member :
253.406 member
user online :
3455 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Merangkak Pengaruhi Kecerdasan Anak ?

(Posted:2014-10-01 14:25:25)

Merangkak merupakan fase pertumbuhan anak yang biasanya bunda bandingkan dengan anak lain. Perlu di ingat, perkembangan setiap anak berbeda - beda ada yang cepat dan ada yang lambat dan bahkan ada juga yang sama sekali tidak melewati fase ini.

Fase merangkak terletak antara fase kemampuan duduk dan berdiri. Setelah bayi mampu duduk namun belum bisa berdiri, ia biasanya akan melalui fase merangkak. Fase ini biasanya terjadi pada bayi usia 6-12 bulan, berawal dari menggerakkan kepala, tangan, kaki, tengkurep dan berusaha untuk duduk sendiri. Semakin bertambahnya usia, kemampuan bayi semakin baik dalam mengoordinasi gerakan tangan dan kaki. Merangkak yang benar adalah saat tangan kanan bergerak ke depan, diikuti oleh kaki kiri yang melangkah, begitu pun sebaliknya saat tangan kiri merengkuh ke depan, kemudian kaki kanan yang bergerak. Jika bayi merangkak seperti ini berarti koordinasi tubuhnya sudah baik dan benar.

Dokter spesialis anak RSUPN Cipto Mangunkusumo, Dr. Irawan Mangunatmaja, Sp.A(K) menjelaskan, merangkak bukanlah kemampuan koordinasi yang wajib dilalui bayi, bayi yang sudah bisa duduk dapat langsung melalui fase berdiri dan berjalan. Merangkak bukanlah tonggak perkembangan penting seperti duduk dan berdiri, merangkak juga bukanlah ukuran yang akan menentukan tingkat kecerdasan anak. Maka, tidak tepat jika mengatakan bayi yang melalui fase merangkak pasti akan lebih cerdas dan kuat dibandingkan bayi yang tidak merangkak.

Ada cara lain yang dilakukan untuk menggantikan merangkak, misalnya saja dengan gerakan mengesot, gerakan ini pun butuh koordinasi antara tangan, kaki serta tubuh lainnya. Dengan mengesot anak membutuhkan kekuatan otot untuk bergerak dan menjaga keseimbangan tubuhnya agar tidak jatuh. Selain itu gerakan berguling-guling, merayap, bahkan usaha berdiri sendiri pun membutuhkan gerakan yang terkoordinasi. 


berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman