SITE STATUS
Jumlah Member :
253.409 member
user online :
2438 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Tips Mudik Bagi Ibu Hamil

(Posted:2011-08-24 15:05:22)

 Tidak lama lagi Hari Raya Lebaran akan tiba. Menjelang Hari Raya banyak persiapan yang Bunda lakukan. Tak terkecuali persiapan untuk tradisi pulang kampung alias mudik. Bagi Bunda yang tengah hamil, mungkin bingung apakah mudik aman dilakukan dan apa saja yang harus dipersiapkan?

Berikut ini beberapa hal yang harus Bunda perhatikan sebelum mudik:

1. Konsumsilah vitamin untuk menjaga stamina Bunda selama perjalanan mudik.
2. Minum air yang cukup agar terhindar dari dehidrasi.
3. Jagalah kebersihan, terutama di toilet umum. Bila Bunda merasa ragu tidak ada salahnya menyiapkan air mineral botol jika tidak tersedia air bersih.
4. Perhatikan kebersihan makanan dan minuman agar terhindar dari diare. Terlebih bagi Bunda yang usia kandungannya memasuki tujuh bulan, karena diare dapat memicu kontraksi dini.
5. Bagi Bunda yang usia kehamilannya sudah memasuki trimester ketiga atau lebih dari 36 minggu, disarankan untuk tidak melakukan perjalanan jauh, karena dikhawatirkan akan risiko kontraksi.

Bagaimana dengan perjalanan mudik menggunakan pesawat? 

Menurut dr.Tanti Retnowati, perjalanan menggunakan pesawat bagi ibu hamil aman dilakukan. Namun perlu dipastikan terlebih dahulu bahwa tidak ada hal-hal yang mengancam keselamatan ibu hamil dan janin yang dikandung, seperti tekanan darah tinggi, keadaan anemia yang mengancam, dan plasenta previa. 

Jangan lupa juga sebelum melakukan perjalanan mudik, sebaiknya Bunda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan, apakah memungkinkan untuk melakukan perjalanan  jauh.

Selamat Mudik  dan Selamat Hari Raya Idul Fitri.
 

berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman