SITE STATUS
Jumlah Member :
253.407 member
user online :
2444 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Cegah Penyakit Setelah Banjir

(Posted:2013-01-30 17:58:18)

Belum lama ini, Banjir telah melanda di beberapa wilayah termasuk kota Jakarta.  Banjir yang terjadi merupakan bencana Nasional. Hal ini pun menjadi sorotan dari media Internasional karena aktivitas kunjungan tamu Negara menjadi terganggu akibat bencana banjir.

Penyebab adanya banjir adalah intensitas dari curah hujan yang sangat tinggi dan diperparah lagi dengan minimnya fasilitas daya serap untuk menampung air hujan serta kurangnya sistem aliran air yang memadai. Akibatnya air meluap ke permukaan tanah.

Jika kita melihat kondisi air pada saat banjir adalah berkeruh dan kotor, karena banjir membuat apa yang diatas tanah bercampur aduk yakni air hujan campur polusi, air got, tanah, sampah-sampah, juga kotoran manusia dan binatang. Sehingga, akibat yang ditimbulkan dari banjir adalah bermunculannya banyak penyakit, seperti penyakit kulit, diare, demam berdarah, leptospirosis dan lain sebagainya.

Tentunya Bunda dan sekeluarga tak ingin terkena penyakit tersebut, bukan? Berikut ini ada beberapa upaya pencegahan agar terhindar dari penyakit yang timbul setelah banjir :

  1. Bersihkan segera rumah dan  pekarangan dari lumpur serta sampah-sampah yang terbawa banjir. 
  2. Selalu mencuci tangan dengan sabun antiseptik setelah melakukan kegiatan bersih-bersih rumah.
  3. Usahakan selalu menggunakan air yang bersih, baik itu untuk konsumsi maupun kegiatan MCK. 
  4. Gunakan selalu lotion anti nyamuk ketika siang dan atau  malam tiba. 
  5. Jika di daerah Bunda masih tergenang banjir yang tidak terlalu tinggi, usahakan saat beraktivitas selalu menggunakan sepatu boots karet setinggi lutut. 
  6. Segera ke dokter bila mengalami gejala, demam tinggi beberapa hari, nyeri otot seluruh badan, badan kuning, gangguan pernafasan atau dehidrasi.

Dengan melakukan kebersihan baik untuk badan sendiri atau pun lingkungan Bunda tinggal, dapat terhindar dari penyakit-penyakit yang ditimbulkan setelah banjir. 


berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman